Header Ads

Pavingisasi dan Pembangunan Drainase Desa Beran



Pembangunan infrastruktur jalan paving di Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, sangat diperlukan masyarakat karena jalan yang lama sebagian masih jalan rabat yang kondisinya sudah rusak berat. Hal ini karena jalan merupakan salah satu aspek penting yang dibutuhkan masyarakat, karena dengan adanya kondisi jalan yang rusak, baik jalan poros desa, jalan lingkungan, atau gang akan sangat berpengaruh terhadap transportasi.

Untuk itu pembangunan sarana dan prasarana jalan desa harus diutamakan karena sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan roda perekonomian masyarakat desa. Selain itu pembangunan drainase juga sangat diperlukan untuk melancarkan pembuangan air dari warga masyarakat.

Pj Kepala Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Broto Sanjoyo SSTP, mengatakan, dengan adanya sarana dan prasarana jalan yang memadai maka akan dapat membuka akses usaha dalam segala bidang khususnya home industry dan pertanian yang menjadi unggulan di Desa Beran akan menjadi lebih lancar sehingga derajat kehidupan perekonomian masyarakat akan menjadi lebih baik. Untuk itu Dana Desa (DD) tahun 2015 yang diperoleh dari pemerintah pusat digunakan untuk pembangunan jalan paving dan plat beton yang sangat dibutuhkan warga masyarakat dalam akses usaha.

“Selain itu DD juga untuk pembanguan drainase yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat karena pembuangan air dari rumah warga dialirkan melalui drainase dengan baik mengingat selama ini saluran drainase yang lama sudah rusak berat,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Mukayat, Kaur Pembanguan dan Ketua Tim Pengelola Kegiatan, bahwa pembangunan jalan paving dan plat beton yang diperoleh dari DD tahun 2015 berlokasi di Jln Tanjung RT.05 RW. 01 Dusun Balong dengan volume 135 m x 3 m dan alokasi dananya sebesar Rp 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah). Sedangkan pembangunan drainase berlokasi di Jln Branjangan RT.03 RW.01 Dusun Balong. “Pembangunan infrastruktur jalan paving, plat beton dan drainase ini dikerjakan sesuai RAB agar kualitas dan kuantitas bangunannya bagus serta bisa dipertanggungjawabkan oleh seluruh Tim Pengelola Kegiatan Desa”, jelasnya.

Sumber : Majalah Fakta Online

No comments

Powered by Blogger.